Sabtu, 04 Juli 2009

DARI DEBAT CAPRES - CAWAPRES 2009

Ini bukan kampanye mendukung salah satu pasangan Capres-Cawapres, ini sekedar uneg-uneg anak manis yang dulu pernah bercita-cita jadi politikus! (wakakakaaaaa..... *mbayangin jd ibu pejabat*).
Kesan & Opiniku tentang penampilan Capres-Cawapres dalam acara debat mereka :
MEGAWATI :
bertele-tele, nggak fokus menjawab pertanyaan moderator, sering over waktu dlm menjawab pertanyaan, jawaban2nya abstrak, pesimis, selalu melihat ke masa lalu, selalu menyalahkan pemerintah dan pemerintahan selain dirinya saat berkuasa.
SBY :
tegas, taat durasi saat menjawab pertanyaan moderator, menjawab apa yang ditanyakan (fokus), sistematis, tata kalimat/bahasa teratur, optimis, berpandangan kedepan, mencoba tidak menyalahkan pemerintahan yg sudah2, selalu mengembalikan pada peraturan yg ada sehingga terkesan kurang berani memberikan terobosan baru, realistis sehingga kadang terkesan nggak konkrit, menguasai permasalahan dan keterangan2nya dalam jawaban selalu update (ya, iyalaahh...secara belio adalah pemerintah saat ini hehe..).
JK :
selalu mencoba untuk rileks dg 'keluar' dari belakang podium... tp kok nggak begitu yg kutangkap ya?! perasaan malah janggal dan kaku gerakannya hehe.., struktur kalimatnya nggak teratur dan kadang nggak jelas ngucapinnya, kadang menjawab apa yg ditanyakan...tp kadang tidak atau malah melebar, sering 'menyerang' / menyalahkan pemerintahan yg ada padahal belionya masih duduk di pemerintahan, pede abiss!, berusaha untuk menjawab / ngasih solusi dengan ide-ide konkrit (entah terpikir itu realistis ato tidak...).
PRABOWO :
terlihat ambisius, tegang, sering menyalahkan pemerintahan atau kebijakan yg ada, kadang juga jawabannya abstrak kaya Bu Mega sehingga terkesan tidak menjawab persoalan (atau durasi yg kurang?? ;> ).
BOEDIONO :
terlihat tidak tegas, grogi, scripted!, kurang berwibawa, menjawab pertanyaan, toooo calm!;>
WIRANTO :
tegas, berwibawa, struktur kalimat sistematis mirip SBY, kadang menjawab pertanyaan...kadang melebar, santai.
Sekali lagi, ini bukan opini ahli, ini murni penilaian saya sebagai rakyat, tidak bertujuan menjatuhkan pihak manapun. Mari, pilih Pemimpin yang cerdas, nggak egois, punya visi-misi yang jelas dan optimis, sehingga bisa memimpin bangsa ini menjadi lebih baik lagi! Merdekaaa!!! :)

2 komentar:

  1. Aku sebenernya gak suka semuanya, tapi aku musti nyoblos soalnya sayang kalo suaranya gak kepake. Pertama, aku gak suka yang kumisan. Kedua, aku nggak suka yang kaya emak2. Nah karena cuma ada 3, pilihannya tinggal satu. Hehehe.

    BalasHapus
  2. Kumis lagee??? :p
    Yo wis, sik penting ora golput. Lanjutkan, pak! ;>

    BalasHapus