Sabtu, 28 Maret 2009

HARUSNYA, Angka Usiaku 5th Lebih Muda!

Kembali ditanyain keluarga, soal kapan rencanaku menikah.
Hhhhh.....:((
***

Kata agama, menikahlah karena Allah semata.
Memangnya, seperti apakah rasanya niat menikah hanya karena Allah SWT?
Daripada pusing, ku SMS saja sobat sekaligus ‘guru spiritualku’ itu hehe...
SMS ku :
“Bro, kmrn wkt nikah, niatnya krn Allah gk? Emang perasaan yg ky gmn sih, itu?”
Gak lama, Si Bro menjawab SMS ku...

“Insya Allah, gt. Menikah krn Allah menurutku 80% rasio, 20% perasaan. Rasionya ngukur kesamaan visi ttg Islam, rmh tangga, peran msg2 dlm rmh + luar rmh, komitmen dakwah, dsb. Dari rasio ini kemudian muncul; oke..kita compatible. Perasaan, blh jd krn ketertarikan fisik, mknya dianjurkan ketemu dan saling lihat dulu. Yg terpenting, masing2 niat krn NYA. Jd good times & bad times tdk blh melalaikan kita dr kewajiban pada NYA, Islam dan dakwah. Kl ada baiknya disyukuri, kl ada jeleknya sabar”

SMS ku lagi :
“Niat yg ky gitu yg susah dijabarkan, Bro! Soale kl udh tertarik fisik, nyambung, ada kesamaan, dll..motivasi nikah biasanya krn udah cucok ato udah terlanjur cinta atodah lama berhubungan ato permintaan ortu, lingkungan, dsb. Mbedainnya gmn dg motivasi nikah krn Allah?”

Balasan si Bro :
“Tertarik fisik, dll sih boleh asal jgn melangkahi karena NYA. Misal, karena Bret pit mau dg mu, dikau mau dg nya. Kagak gitu! Tp kl Dude herlino, bs jadi ketertarikan itu dlm koridor niat karena NYA jg..”

Halaaaahhh...si Bro, ini...njelasinnya pake perumpamaan yg aneh...bikin mikir...pake bawa2 nama Dude Herlino pula...pecinta sinetron juga dia!hehe...Ya jelas aku pilih bret pit kemana2 lah!! :D

Mikir..mikiirr..mikiirr......heemm...msh absurd :(

Kalau kata mbakku, nikah itu gak usah dipikir susah2..nikah ya nikah aja! hehe....
Kalau kata masku yang belom lama merit; nikah krn Allah itu seperti halnya kl kita dapat hidayah. Haduuuhh...makin sulit aja membayangkannya...

Mikir..mikiirr..mikiirr......kapan ya aku dapat hidayah? Pernah ato belum ya? Hemm...tambah absurd! :(

Aku bilang sama si Bro, kalau dulu aku pernah dapat tuh, calon yang mendekati seperti itu, cuma sayang beda agama. Langsung si Bro protes, katanya itu sama aja rasio 0%, karena kesamaan visi itu ya termasuk dlm urusan agama. Biyuuhh...mentah lagi...gak jd pe de!:((

***
Tapi setelah dua hari ini kepikiran (halah..), kayanya aku sedikit paham sama maksud si Bro (sedikit kok ya, bangga...). Lalu aku mulai mencucokkan dengan yang kualami, ditambah sedikit membayangkan, plus mengkhayalkan tentang pasangan yang rada available sekarang;)
Caraku memahami maksudnya adalah dg bertanya pada si hati:

“Ti, kalau km nikah, pengennya kehidupan beragama di rumah tanggamu seperti apa? ”

“Ti, kalau km nikah, dan ternyata suamimu suka memperingati momen2 apapun dg bakar dupa, gimana?”

“Ti, kalau km nikah, dan ternyata pandangan suamimu soal poligami dan jihad berbeda denganmu, gimana?"

“Ti, kalau km nikah, pengen mendidik anaknya kaya gimana? Harus ikut playgroup jg ato TPA aja? Bahasa sehari2nya, mau Jawa-Indonesia-Inggris-ato apa?”

“Ti, kalau km nikah, kesepakatan ma suami ttg orang2 di masa lalu gmn? Kalau ttg sahabat2 lawan jenis? Ada batasan obrolan dan curhatan gak? Waktu untuk shopping, blogging n chatting??”

“Ti, kalau km nikah, menejemen keuangannya mau gimana? Istri yg atur aja kalli yaa;> Eh, kalau suami gak mau, gimana? Gajimu buat bareng2 ato gak usah, bagusnya?:p”

“Ti, kalau km nikah, pola bertetangga dan bersosialmu pengennya gimana? Tiap bulan nyambangi panti asuhan? Tiap minggu ikut arisan? Tiap malam ikut pengajian?”

“Ti, kalau km nikah, dan kamu atau suamimu selingkuh...gimana?”


Wah..wah...rempong bedendong ya pemirsaa....(nyuplik kalimatnya Jordan :p). Itu baru sedikit pertanyaannya. Lha, nanti kalau jawaban2nya jauh dari koridor agama dan beda dari petunjuk2-NYA soal menikah dan pernikahan, gimana doongg???

Hemm....tiba2, aku merasa masih jauuuuuuhh dari kata ‘pantas’ untuk menikah. Tiba2 sosok masganteng gak ganteng lagi di hatiku..(cuih!hehe)..jauh dari bayangan2 itu... :(

Kuis hari ini : Siapakah gerangan yang akan membuatku merasa ‘komplit’? :D
A. Masganteng
B. Mascakep
C. Masalahnya mereka blom ada!:p
***
Ternyata aku belum dewasa.

Kupikir, ketika semua nasihat bijak kukuasai, semua petuah cinta kugenggam, dan semua rasa pahit manis hidup kurasakan, aku telah lah pantas disebut dewasa. Ternyata, belum... :(

“The truth is scary...”

Menerima kejujuran hati nurani itu nggak mudah, tapi itulah kebenaran.

Lalu, bagaimana DIA akan meloloskan permintaanku kalau dengan PengetahuanNYA yang tak terbatas itu aku diketahui masih nol besar?! Masih piyik! Masih ‘ngambang’ dan plintat-plintut?!

Rasanya terlalu pe de untuk merengek.

Maka aku harus sepenuhnya sadar, bahwa IA tak akan menanggungkan perkara diluar batas kemampuan hambaNYA.

Jadi, uang banyak untuk pesta nikah, calon suami baik yg super ganteng, restu keluarga dan cinta segunung yang penuh gelora.....ternyata belumlah cukup untuk memanggil seorang jodoh beralias soulmate untuk menjadi pasangan hidup. Karena apa? Karena semua yang ada pada kita, belum tentu sesuai ridho NYA. Karena aku belum dewasa menurut NYA. Belum pantas dalam takaranNYA.
***
Kuis kedua : Apa sih tanda-tanda orang yang sudah dewasa?

5 komentar:

  1. kok koyoke pusing banget tho, ndri...

    Dewasa kan pilihan...orang yang tahu dan sadar pilihannya, yang tahu konsekuensi pilihannya, yang menjalani pilihannya....

    (lho serius meneh :D)

    BalasHapus
  2. Nggak sekedar pilihan, tp juga anugrah. Buktinya, aku ingin dewasa, tp kok merasa belum dewasa hehe... :D

    iya ih, kok serius siihh?? hehe...

    BalasHapus
  3. iyo ik mbake.... mbuletttt....
    sing penting niat apik trus bismillah... :)

    BalasHapus
  4. gua si cuma bisa bilang:
    We draw the line
    GOD drag the line...

    realise you're living on a golden years (kata Bruce Dickinson)

    hehehe

    BalasHapus
  5. Ky, tanyain si Bruce, golden years nya ampe umur brapa? :D

    BalasHapus